Pemahaman Kopi – Manfaat, Jenis, Sejarah, Daftar Harga & Tanamannya


Pengertian Kopi


Kopi yaitu minuman hasil seduhan biji kopi yang sudah disangrai dan dihaluskan menjadi abu. Kopi ialah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara biasa ialah Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).


Pengertian Kopi Menurut Para Ahli


Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum lewat proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan lalu dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya ialah penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi debu kopi sebelum kopi mampu diminum.


Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali didapatkan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus meningkat hingga dikala ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dimakan oleh aneka macam golongan masyarakat. Indonesia sendiri sudah bisa memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menawan, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan aneka macam penyakit jantung (kardiovaskuler).




Nama Latin Kopi


Kata kopi sendiri mulanya berasal dari bahasa Arab: qahwah yang mempunyai arti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai masakan berenergi tinggi. Kata qahwahkembali mengalami pergantian menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie secepatnya diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal dikala ini.




Pengertian Kopi Menurut Para Ahli



  • Bhara L.A.M (2005)


Definisi kopi yaitu sebuah jenis tumbuhan yang dibentuk minuman dengan sifat psikostimulant sehingga mengakibatkan seseorang yang meminumnya akan tetap terjaga (sulit tidur), meminimalisir kecapekan atau stress saar bekerja, serta mampu untuk memperlihatkan efek fisiologis yakni energi.



  • Saputra E (2008)


Menurutnya, pengertian kopi yaitu tumbuhan yang memiliki dua jenis utama, yaitu Coffea robusta dan Coffea Arabica. Kedua jenis kopi ini sungguh dipegemari oleh masyarakat, baik yang ada di dalam negri ataupun masyarakat yang ada di luar negri.




Penemu Dan Sejarah Kopi


Sejarah penemuan kopi sudah dimulai ribuan tahun kemudian. Berikut sejarahnya secara singkat:



  1. 1000 SM: Saudagar Arab menjinjing masuk biji kopi ke tempat Timur Tengah dan membudidayakannya untuk pertama kalinya dalam sejarah.

  2. 1453: Ottoman Turki memperkenalkan minuman kopi di Konstantinopel. Di sana dibuka kedai kopi pertama di dunia bernama Kiva Han pada tahun 1475.

  3. 1511: Kopi dianggap minuman yang suci oleh Sultan Mekah sebagai tindak lanjut dari agresi Khait Beg yang ingin melarang peredaran kopi.

  4. 1600: Paus Clement VIII mengijinkan umat Kristiani untuk meminum kopi setelah muncul banyak sekali perdebatan alasannya minuman ini berasal dari imperium Ottoman.Pada tahun yang serupa, minuman kopi masuk ke Italia.

  5. 1607: Kapten John Smith memperkenalkan minuman kopi di Amerika Utara dikala bertugas untuk mendapatkan koloni Virginia di Jamestown.

  6. 1645: Kedai kopi pertama di Italia dibuka.

  7. 1652: Kedai kopi pertama di Inggris dibuka dan secepatnya menjamur ke banyak sekali pelosok di setiap kawasan.

  8. 1668: Bir tergantikan oleh kopi sebagai minuman terfavorit di New York.

  9. 1672: Kedai kopi pertama di Paris dibuka.

  10. 1675: Franz Georg Kolschitzky mendapatkan biji kopi dan mengklaimnya sebagai hadiahnya dikala terjadi perang di Viena. Setelah itu, ia membuka kedai kopi di Eropa Tengah dan menjual minuman kopi yang telah disaring, diberi pemanis, dan susu.

  11. 1690: Bangsa Belanda mulai mendistribusikan dan membudidayakan biji kopi secara komersial di Ceylon dan Jawa.

  12. 1714: Gabriel Mathieu do Clieu sukses mencuri biji kopi dari hidangan darah biru Belanda kepada Raja Perancis Louis XIV dan menanamnya di Martinik yang merupakan sumber dari 90% jenis tumbuhan kopi di dunia saat ini.

  13. 1721: Kedai kopi pertama di Berlin dibuka.

  14. 1727: Era industri kopi di Brasil dimulai dan hal ini dipelopori oleh Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta.

  15. 1775: Sang Frederick dari Prusia memblok semua import kopi hijau yang lalu dengan segera dikecam oleh masyarakatnya.

  16. 1900: Perusahaan Hill Bros. mengomersialkan minuman kopi kalengan.

  17. 1901: Satori Kato sukses memproduksi minuman kopi cepat saji.

  18. 1903: Ludwig Roselius, seorang keturunan German berhasil memisahkan kafeina dari biji kopi dan memasarkan produknya dengan nama Sanka di Amerika Serikat.

  19. 1920: Penjualan kopi di Amerika Serikat berkembangtajam.

  20. 1938: Perusahaan Nestle mengkomersilkan produk kopinya yang bernama Nescafe di Swiss.

  21. 1946: Achilles Gaggia sukses membuat kopi mokacino untuk pertama kalinya.




Manfaat Kopi


Manfaat Kopi Bagi Kesehatan



  1. Meningkatkan stamina

  2. Mencegah kanker

  3. Kopi menjaga kesehatan lisan

  4. Mengurangi resiko diabetes

  5. Mengurangi resiko penyakit Demensia dan Alzheimer

  6. Mencegah Parkinson

  7. Meningkatkan Mood




Manfaat Kopi Bagi Kecantikan



  1. Kopi untuk masker muka

  2. Perawatan kulit kepala

  3. Menyegarkan kulit tubuh

  4. Kegunaan kopi untuk pedicure dan manicure

  5. Ampas kopi sangat bagus untuk mengencangkan muka




Jenis-Jenis Kopi


Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, cuma terdapat 2 jenis varietas utama, adalah kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini mempunyai keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.




Kopi Arabika


Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik.[16] Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini.[butuh referensi] Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di banyak sekali penggalan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia.


Secara biasa , kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika berkembang pada ketinggian 600–2000 m di atas permukaan bahari.[butuh acuan] Tanaman ini mampu berkembang sampai 3 meter bila keadaan lingkungannya baik.[butuh referensi] Suhu berkembang optimalnya yaitu 18-26oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau sampai merah gelap.




Kopi Robusta


Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta mampu dikatakan sebagai kopi kelas 2, sebab rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafeina dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan tempat tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang mesti ditumbuhkan pada ketinggian tertentu.


Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan bahari.[butuh rujukan] Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten kepada serangan hama dan penyakit.[butuh tumpuan] Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah.[butuh acuan] Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.




Kopi Luwak


Jenis kopi lainnya merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta.[butuh referensi] Biasanya disetiap kawasan penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya selaku suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang populer yaitu kopi luwak asli Indonesia.




Jenis-Jenis Minuman Kopi


Minuman kopi yang ada dikala ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penghidangan dan pengolahan yang unik. Berikut ini yakni beberapa teladan minuman kopi yang umum dijumpai:



  • Kopi hitam


Merupakan hasil ektraksi eksklusif dari perebusan biji kopi yang dihidangkan tanpa penambahan perisa apapun.



  • Espresso


Merupakan kopi yang dibentuk dengan mengekstraksi biji kopi memakai uap panas pada tekanan tinggi.



  • Latte (coffee latte)


Merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.



  • Café au lait


Aerupa dengan caffe latte tetapi memakai campuran kopi hitam.



  • Caffè macchiato


Merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.



  • Cappuccino


Merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan cuilan cokelat.



  • Dry cappuccino


Merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.



  • Frappé


Merupakan espresso yang dihidangkan acuh taacuh.



  • Kopi instan


Berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.



  • Kopi Irlandia (irish coffee)


Merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.



  • Kopi laga


Kopi orisinil Indonesia yang dibentuk dengan mengolah masakan biji kopi bersama dengan gula.



  • Melya


Sejenis kopi dengan penambahan debu cokelat dan madu.



  • Kopi moka


Serupa dengan cappuccino dan latte, namun dengan penambahan sirup cokelat.



  • Oleng


Kopi khas Thailand yang diolah dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.




Daftar Harga Kopi



  • Harga kopi mentah


Daftar harga kopi untuk green bean atau daftar harga kopi mentah atau daftar harga biji kopi.


Daftar Harga Kopi


Daftar harga kopi diatas yaitu untuk kopi biji mentah yang dijual secara nasional belum tergolong biaya kirim, ongkos kirim rata-rata ialah 30.000 bila itu lewat udara dan untuk ekonomis pengantaran kopi semestinya melalui darat dengan sekurang-kurangnyaorder 10 kg ongkir 8000/kg sehingga sungguh irit, bagi yang ingin menjual kembali kami akan menjual dengan harga reseller, silakan hubungi kami.


Bagi Anda yang ingin menjadi jual kopi atau menjadi reseller maka Anda akan mampu daftar harga kopi yang berlawanan.


Untuk jadi reseller kopi biji, reseller bubuk kopi ada minimum order untuk setiap item produk yang kami miliki, minimum ordernya yaitu :



  1. 500 kg biji kopi mentah, kopi grade1, kopi semi wash dan kopi fullwas

  2. 300 Kg biji kopi mentah untyk jenis kopi peaberry dan kopi longberry

  3. 50 kg untuk jenis biji kopi wine dan biji  kopi luwak.





  • Daftar Harga kopi Bubuk


Daftar Harga kopi Bubuk dan Roasted Bean


Daftar Harga kopi Bubuk


Daftar harga kopi diatas yaitu untuk daftar harga kopi yang telah jadi abu dan sama harganya untuk biji kopi roasting, daftar harga kopi ini telah tergolong bungkus tolok ukur kami, bila ingin bungkus khusus silaklan hubungi kami dan akan mengkalkulasi biayanya apakah ada suplemen atau tidak.




Tips Mengkonsumsi Kopi



  • Minumlah maksimal 2 gelas sehari

  • Hindari minum di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore

  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan durian

  • Jangan mengkonsumsi kopi dengan gula berlebih

  • Cobalah minum kopi <3 jam sesudah dibentuk.




Tanaman Kopi


Syarat Pertumbuhan



  • Iklim


Angin menolong penyerbukan yang terjadi antara bunga kopi yang berlawanan klon atau berlawanan jenis. Akan tetapi kalau tornado dapat menghancurkan tajuk flora dan menggugurkan bunga. Curah hujan minimal untuk perkembangan kopi ialah 1000-2000 mm/tahun, sedangkan teladan hujan yang maksimal bagi perkembangan flora kopi Arabika dan Robusta adalah rata-rata 2000-3000 mm/tahun.


Menurut lintang kawasan, tumbuhan kopi dapat tumbuh baik pada tempat yang terletak di antara 20 derajat LU dan 20 derajat S. Tanaman kopi menginginkan sinar matahari yang terencana. Suhu sangat berhubungan akrab dengan ketinggian kawasan. Suhu di atas permukaan air maritim adalah ± 26 derajat C dan akan turun 0,6 derajat C tiap peningkatan 100 m. Kopi Arabika tumbuh baik pada suhu 10-20 derajat C. Kopi Robusta mengharapkan suhu 21-24 derajat C. Kopi Liberika tidak mengharapkan suhu tertentu.





  • Media Tanam


Tanaman kopi menginginkan tanah yang lapisan atasnya dalam (± 1,5 m) dan gembur, subur, banyak mengandung humus dan bersifat permeable. Tanah dapat berasal dari debu gunung berapi/cukup mengandung pasir.

Jenis tanah latosol dan vulkanis disukai tumbuhan kopi. Tanah yang drainasenya buruk, tanah liat berat, dan tanah pasir yang kapasitas mengikat airnya kurang serta kandungan N-nya rendah tidak sesuai untuk perkembangan kopi.


Tanaman kopi menginginkan tanah yang agak masam, yakni antara pH 4,5-4,6 untuk kopi Robusta dan 5-6,5 untuk Arabika. Tanah yang lebih asam dapat dinetralisir dengan kapur tohor/pupuk, misalnya serbuk tulang/Ca-(PO2) + Ca metaphosphat /Ca(PO2). Tanaman kopi menghendaki kedalaman air tanah sekurang-kurangnya, 3 m dari permukaan tanah. Tanah mesti mempunyai drainase dan kesanggupan mengikat air yang baik.



  • Ketinggian Tempat


Ketinggian kawasan kuat terhadap tinggi rendah suhu.



  • Kopi Arabika: berkembang pada dataran tinggi dengan ketinggian 1000-1700 m dpl. Jika di bawah 1000 m dpl, akan gampang terserang HV. Bila di atas 1700 m dpl, suhunya akan terlalu hambar.

  • Kopi Robusta: berkembang baik di dataran rendah hingga 1500 m dpl, tapi yang ekonomis adalah yang tumbuh pada batas ketinggian 800 m dpl.

  • Kopi Liberika: tumbuh baik pada dataran rendah, di tempat yang miskin dan panas.




Baca Juga:





Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kopi Menurut Para Ahli Serta Sejarah, Manfaat Dan Macamnya Semoga Bermanfaat Untuk Seluruh Pembaca Lahan.Co.Id


0 Response to "Pemahaman Kopi – Manfaat, Jenis, Sejarah, Daftar Harga & Tanamannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel